-->

Sosialisasi Tentang HIV- AIDS Jadi Agenda Rutin PLN Tanjung Jati B


 Sosialisasi tentang HIV-AIDS jadi agenda rutin PLN Tanjung Jati B. Jika tahun-tahun sebelumnya PLN Tanjung Jati B melakukan sosialisasi hiv aids di tempat kerja dan sosialisasi hiv aids di sekolah-sekolah kali ini sosialisasi dilakukan di RS dr. Rehatta Kelet, Jepara.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus komitmen PLN Tanjung Jati B terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar khususnya mengenai pencegahan penyakit HIV-AIDS. Kasus HIV-AIDS di Jepara menduduki peringkat ketiga dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dengan jumlah temuan 110 kasus. Dari jumlah itu, kasus HIV-AIDS paling banyak ditemukan di Kecamatan Bangsri. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu (9/12/2018) tersebut dihadiri oleh Perwakilan Satwasnaker Pati, Muktiati dan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Peyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Fakhrudin.

Dalam sambutannya, Fakhrudin mengatakan kendati dari sisi moralitas data pengidap HIV-AIDS ini sedikit mencoreng nama Jepara, namun dari sisi medis memiliki dampak positif. Kasus HIV-AIDS layaknya gunung es, sedikitnya data di daerah lain bukan berarti di daerah itu hanya sedikit pengidapnya.

Kegiatan diawali senam, kemudian VCT (Voluntary Counseling and Testing) dam pemberian testimoni oleh Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di depan para peserta. "Saya positif, istri saya positif, tapi anak saya tidak. Kenapa? Karena kami rutin menjaalani pengobatan dengan minum antiretroviral (ARV). Yang terpenting berani kenali statusmu ODHA atau tidak dengan VCT. Sehingga bisa dikelola lebih awal," ujar salah satu ODHA Syafi'i.

Pada kesempatan tersebut Pejabat Pengendali K3L PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B Ika Safitri mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir dalam acara peringataan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember tersebut. "Tema kegiatan kalai ini adalah KENALI DIRIMU, sebuah tagline sederhana namun memiliki makna yang sangat besar. Bagi yang masih diberikan kesehatan, kenali dirimu dengan dengan perbaiki diri, jauhi perbuatan berisiko, lakukan hubungan yang sehat, jaga kesetiaan, hindari semua jenis narkoba dan sebagainya. Bagi teman=teman kita yang mendapat cobaan berupa HIV... ini berarti llakukan hidup sehat, lakukan pengobatan rutin, yakinkan diri bahwa akan selalu ada tempat untukmu di dunia ini, ini bukanlah akhir segalanya." ungkapnya.

PLTU Tanjung Jati B juga mengajak kepada semua yang hadir untuk mengurangi timbunan sampah palstik. Pada acara tersebut panitia mengganti air minum kemasan dengan air galon, panitia juga bagikan souvenir berupa thumbler serta materi sosialisasi hiv.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel