-->

Central Control Room


Central Control Room adalah sebuah ruangan pengendali proses jarak jauh yang mengontrol jalannya proses dalam sebuah Plant. Disini, operator akan memantau jalannya proses produksi lewat monitor yang terhubung dengan alat-alat yang ada dilapangan. Dari sini, operator PLTU Tanjung Jati B akan melakukan pengoperasian dan pengaturan pembebanan sesuai kebutuhan sistem sesuai merit order yang diatur oleh PLN P2B (Pusat Pengatur Beban).

Masing- masing operator bertugas mengoperasikan empat monitor.Monitor yang dipakai oleh operator CCR disebut sebagai Operator Work Station (OWS). Sebelum secara langsung mengoperasikan pembangkit, sesuai dengan direktori kompetensi PT PLN (Persero) tentang Operasi Pembangkit PLTU Batubara Coal-fired Power Plant Operation (CFO) calon operator PLTU Tanjung Jati B dibekali dengan pelatihan pengoperasian pembangkit yang ada di ruang simulator PLTU.

Simulator yang ada sama persis dengan apa yang ada di CCR (Central Control Room) PLTU Tanjung Jati B unit 1&2. Disana calon operator bisa belajar bagaimana sistem pengoperasian Boiler & Aux, sistem pengoperasian Turbin, Generator & Aux, Sistem pengoperasian Contril Room melalui peralatan DCS.

DCS (distributed control system) adalah sebuah sistem yang terintegrasi menggunakan kontroler, protokol komunikasi, dan komputer yang dapat memudahkan user untuk mengontrol peralatan-peralatan yang menggunakan sinyal analog maupun digital dari control room.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel