-->

Tugas Dari Operator PLTU Tanjung Jati B


PLTU Tanjung Jati B dioperasikan oleh pihak ketiga, Untuk unit 1&2 (2 x 660.8 MW)  Operation and Maintenance di pegang oleh PT. TJBPS  sedangkan untuk unit 3&4 (2 x 661.1 MW) ditangani oleh PT. KPJB. Tugas dari operator PLTU Tanjung Jati B adalah melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan unit pembangkit untuk tercapai kehandalan dan continuity pasokan kelistrikan sesuai dengan jadwal Sistem Operasi Pembangkit (SOP).

Operator pengoperasian pembangkit terdiri dari 2 bagian, yaitu UC (Unit controller) dan operator common. Dari CCR ( Central Control Room) para UC dan operator common melakukan pengoperasian dan pengaturan pembebanan sesuai kebutuhan sistem sesuai merit order yang diatur oleh PLN P2B (Pusat Pengatur Beban).

Selain itu, terdapat juga operator lokal PLTU yang bertugas langsung di lapangan guna membantu langsung dan kepanjangan tangan dari operator yang berada di control room. Dari sisi Maintenance terdapat juga tim pemeliharaan yang melakukan pemeliharaan secara preventive dan periodik di tiap tiap seksi seperti boiler, turbin, Balance of plant, common utility, main plant, coal handling dll

Dari segi pasokan batubara terdapat juga operator yang berperan mengatur penyimpanan batubara sesuai dengan kalori yang telah ditentukan yang biasa di sebut coal manajemen.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel