-->

Desa Tubanan Desa Penghasil Pupuk Organik dan Biogas



Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara adalah sebuah desa yang menjadi desa tapak PLTU Tanjung Jati B. Mata pencaharian pokok penduduk desa Tubanan adalah buruh atau pegawai swasta yang berjumlah 4.571 orang. buruh tani berjumlah 1.196 orang, Petani berjumlah 875 orang, nelayan sebanyak 152 orang dan sisanya adalah peternak. Seperti peternak pada umumnya, mereka beternak secara individu, hanya menjadi penghasilan tambahan dengan menjual kambing yang sudah desawa dan kurang memperhatikan lingkungan dengan membuang atau membiarkan kotoran ternak berada disekitar kandang, tapi sekarang semuanya berubah sejak kehadiran CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B. 

Program bantuan induk kambing bergulir jilid I diberikan kepada kelompok ternak dimulai Juli 2015 sebanyak 62 ekor induk kambing jenis jawa randu. Tahun 2016 bantuan jilid II diberikan kepada 10 kelompok ternak kambing sebanyak 50 ekor. Sehingga total ada 18 kelompok ternak dengan jumlah anggota 224 orang.

Ditahun 2017 peternak dibekali dengan pelatihan pembuatan pupuk organik, selain kandang terlihat bersih dari kotoran kambing yang ada peternak bisa membuat pupuk yang bisa digunakan sendiri maupun dijual dan menjadi penghasilan tambahan. Program terus berlanjut pada tahun 2018 dibangunlah empat kandang komunal lengkap dengan digester biogas, kelompok ternak kambing binaan CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B menjadi kelompok ternak modern dimana kambing bukan lagi menjadi fokus atau komoditas utama tapi hasil sampingannya yaitu kotoran kambing yang sudah menjadi Pupuk Organik Cair (POC), Pupuk Organik Padat (POP) dan biogas.

Dari yang awalnya 112 ekor induk kambing kini sudah menjadi 9.486 ekor dan sudah menghasilkan 3 ton Pupuk Organik Padat (POP) per bulan serta 15 m3 biogas perbulan.

Asito salah seorang penerima program mengatakan bahwa dirinya bersama anggota kelompok ternak lainnya sangat merasa manfaat program CSR PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B. "Kami tidak pernah membayangkan bahwa biogas bisa ditabungkan, dan ternyata kami bisa menabungkan dan merasakan manfaat pengelolaan penabungan gas, Semoga peternak diluar sana bisa mencontoh kami untuk pengelolaan perternakan modern yang memadukan antara ternak, biogas dan pupuk organik." ujar Asito

Nama Dotuman Angon untuk produk pupuk organik dan biogas yang dihasilkan berasal dari nama tiga desa ring satu PLTU Tanjung Jati B yaitu Bondo, Tubanan dan Kaliaman. Harapannya kedepan selain menjadi penghasil pupuk organik dan biogas, tiga desa tersebut menjadi desa pertanian organik. Saat ini sudah dilakukan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan bagi ibi-ibu kelompok Dasawisma.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel