-->

Pemanfaatan Lahan Pekarangan


Ketahanan pangan akan tetap menjadi permasalahan pokok di sebagian besar negara di dunia seiring dengan semakin besar jumlah penduduk, peningkatan daya beli dan dinamika iklim global. Upaya membangun ketahanan pangan keluarga, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia, diantaranya melalui pemanfaatan lahan pekarangan.

Untuk menambah pengetahuan akan perlunya pemanfaat pekarangan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B mengadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan dengan kebun organik. Kegiatan yang dilaksanakan Rabu (14/11) di Kandang Komunal Mantra 1 tersebut dihadiri oleh ibu-ibu kelompok Dasawisma dusun Timbul, Desa Tubanan.

Dalam sambutannya Assiten Manager CSR PLN UIK TJB Wahyu Mahaputra mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya. "Tahun 2015 kami punya program Sentra Ternak Terpadu, kami berikan bantuan pinjaman kambing bergulir, kemudian kelompok ternak kami berikan pelatihan dan pendampingan pembuatan organik, disana kami juga membangun kandang komunal, digester biogas dan panel surya. Kegiatan ini merupakan lanjutan program-program sebelumnya." ujar Wahyu

Sementara itu dalam paparannya koordinator penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan wilayah kecamatan Kembang Sugianto mengatakan dengan memanfaatkan pekarangan lingkungan sekitar rumah akan terlihat lebih menarik, tidak perlu membeli sayuran, bahkan kita bisa menjualnya. Tanaman organik rasanya lebih manis dibandingan tanaman non organik dan tentunya lebih sehat untuk dikonsumi karena tidak menggunakan pupuk kimia.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel