-->

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal


Zakat adalah rukun islam keempat yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim. Zakat adalah ibadah yang dilakukan dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada para mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat. Dalam ajaran Islam zakat ada dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Kedua jenis zakat ini memiliki perbedaan jika dirunut dari hukum Islam. Berikut perbedaan zakat fitrah dan zakat mal yang wajib kamu ketahui.

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan seorang muslim pada bulan suci Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Zakat ini dikeluarkan dengan nilai setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kilogram makanan pokok yang biasa dimakan oleh si wajib zakat umumnya zakat fitrah di Indonesia menggunakan beras, namun anda juga bisa zakat fitrah pakai uang . Sementara zakat maal adalah zakat yang wajib dikeluarkan seorang muslim dari harta yang diperolehnya melalui usaha pertanian, perniagaan, hasil laut, pertambangan, harta temuan, hasil ternak, emas, dan perak dengan besaran (nisab) dan waktu (haul) yang telah ditentukan.

1. Perbedaan Peruntukan

Perbedaan yang pertama bisa kita lihat dari zakat fitrah dan zakat mal adalah peruntukannya. Zakat fitrah adalah zakat diri, artinya diperuntukan sebagai pembersih diri kita dari perbuatan yang kotor dan sia-sia. Sementara zakat mal adalah zakat harta, artinya dikeluarkan untuk membersihkan harta kita dari hak para fakir dan miskin.

2. Perbedaan Waktu Pengeluaran

Zakat fitrah dibayarkan di akhir bulan Ramadan sebelum salat Idul Fitri setiap tahunnya. Sedangkan zakat mal ditunaikan saat harta yang dimiliki telah mencapai nisab (batas terendah dari jumlah harta yang dimiliki) dan haul (waktu yang harus dipenuhi dari kepemilikan sebuah harta).

3. Perbedaan Jumlah Pengeluaran

Jumlah atau besaran zakat yang dikeluarkan antara zakat fitrah dan zakat mal juga berbeda. Zakat fitrah dikeluarkan minimal sebanyak makanan pokok yang mengenyangkan atau rata-rata  2,5 kg beras. Sementara untuk jumlah zakat mal yang dikeluarkan bergantung dari besaran kadar zakat yang telah ditentukan dalam ilmu fiqih.

4. Perbedaan Wajib Zakat

Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal yang keempat terletak pada siapa wajib zakatnya. Zakat fitrah diwajibkan bagi semua umat Islam yang lahir sebelum terbenam matahari pada hari penghabisan bulan ramadhan dan mempunyai kelebihan harta meski hanya sedikit, termasuk para hamba sahaya. Sementara zakat mal diwajibkan hanya bagi umat Islam yang merdeka (bukan budak), serta memiliki harta secara sempurna yang telah mencapai nisab dan haulnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel