-->

Komponen dan Fungsi Boiler Pada PLTU


Boiler adalah peralatan utama pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), seperti peralatan lainnya boiler juga tersusun dari berbagai komponen dengan fungsinya masing-masing. Berikut beberapa komponen boiler pada PLTU Tanjung Jati B

Ruang bakar (furnace)

Komponen ini merupakan bagian utama boiler tempat dimana berlangsungnya pembakaran, proses penerimaan panas oleh media air dilakukan melalui pipa yang telah dialiri air, pipa tersebut menempel pada dinding tungku pembakaran. Batubara sebelum masuk ke ruang pembakaran (furnace) disalurkan oleh coal feeders menuju  coal pulverizer. Temperatur dari ruang bakar furnace dapat mencapai + 1.000 °C. Proses penggerusan batubara terjadi di pulverizer yang mengubah batubara ukuran + 50 mm menjadi berukuran 200 mass sebanyak minimal 70%.  Penggerusan ini berfungsi untuk memaksimalkan luas permukaan kontak pembakaran dari partikel batubara. Selanjutnya hasil penggerusan batubara dihembuskan dengan udara bertemperatur tertentu (+ 60 °C ) menujur ruang bakar. Sedangkan untuk kesempurnaan pembakaran di sistem boiler diperlukan jumlah udara pembakaran yang optimum, sehingga didapatkan energi panas hasil pembakaran yang maksimal.

Steam Drum

Steam drum berfungsi sebagai tempat penampungan air panas serta tempat terbentuknya uap. Drum ini menampung uap jenuh (saturated steam) beserta air dengan perbandingan antara 50% air dan 50% uap. untuk menghindari agar air tidak terbawa oleh uap, maka dipasangi sekat-sekat, air yang memiliki suhu rendah akan turun ke bawah dan air yang bersuhu tinggi akan naik ke atas dan kemudian menguap.

Superheater

Merupakan tempat pengeringan steam, dikarenakan uap yang berasal dari steam drum masih dalam keadaan basah sehingga belum dapat digunakan. Proses pemanasan lanjutan menggunakan superheater pipe yang dipanaskan dengan suhu 260°C sampai 350°C. Dengan suhu tersebut, uap akan menjadi kering dan dapat digunakan untuk menggerakkan turbin maupun untuk keperluan peralatan lain.

Air Heater

Komponen ini merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara yang digunakan untuk menghembus/meniup bahan bakar agar dapat terbakar sempurna. Udara yang akan dihembuskan, sebelum melewati air heater memiliki suhu yang sama dengan suhu udara normal (suhu luar) yaitu 38°C. Namun, setelah melalui air heater, suhunya udara tersebut akan meningkat menjadi 230°C sehingga sudah dapat digunakan untuk menghilangkan kandungan air yang terkandung didalamnya karena uap air dapat menganggu proses pembakaran.

Safety Valve

Alat ini berfungsi untuk membuang uap apabila tekanan uap telah melebihi batas yang telah ditentukan. Katup ini terdiri dari dua jenis, yaitu katup pengaman uap basah dan katup pengaman uap kering. Safety valve ini dapat diatur sesuai dengan aspek maksimum yang telah ditentukan. Pada uap basah biasanya diatur pada tekanan 21 kg per cm kuadrat, sedangkan untuk katup pengaman uap kering diatur pada tekanan 20,5 kg per cm kuadrat.

Fungsi Boiler pada PLTU adalah mengubah air dari fasa cair menjadi fasa uap.Uap dengan tekanan dan temperature tertentu digunakan untuk menggerakan turbin. Pada PLTU Tanjung Jati B boiler yang digunakan adalah Carolina Radiant Boiler dengan kapasitas nett 660 MW. Pada Operasinya boiler haruslah sanggup beroperasi selama 8760 jam selama satu tahun tanpa masalah. Dilihat dari lamanya ekspektasi boiler tersebut beroperasi tentu saja dibutuhkan perawatan. Perawatan boiler pada PLTU terdiri dari dua tipe yaitu, perawatan prediktif dan perawatan korektif. Perawatan yang paling utama ditujukan untuk pipa boiler dikarenakan apabila terjadi kerusakan pada pipa boiler maka operator akan memilih untuk melakukan shutdown terhadap boiler. Mengetahui efisiensi boiler dan menjaga efisiensinya sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang yang bekerja pada pembangkit.Untuk mengetahui efisiensi pada boiler dapat menggunakan beberapa metode, dapat dilihat dari kondisi uap, energi yang keluar dan masuk dan heat loss methode.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel