-->

Manfaat Silaturahmi Bagi Kesehatan


Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia merupakan salah satu tanda ketakwaan seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Allah bahkan menjanjikan keberkahan hidup bagi hamba-Nya yang selalu menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya, khususnya dengan orang tua dan kerabat. Keberkahan hidup yang dilimpahkan Allah tidak hanya dalam hal rezeki, namun juga keberkahan dalam usia atau kesehatan. Berikut manfaat silaturahmi bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Interaksi sosial dengan manusia lain memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan sistem imun Anda. Semakin banyak Anda bersosialisasi, maka akan semakin besar kesempatan bagi Anda untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang telah menginjak usia senja. Artinya, Anda yang lansia akan lebih kuat untuk mengatasi flu, pilek, dan bahkan mungkin penyakit kanker.

2. Kesehatan Mental Yang Baik

Secara keseluruhan, dari mengurangi rasa depresi, stres serta kecemasan akan suatu masalah, silaturahmi memang baik untuk kesehatan jiwa Anda. Tak hanya itu, bercengkerama dengan kawan sejawat dan sanak saudara juga dapat meningkatkan mood serta menimbulkan perasaan bahagia.

3. Meminimalisir Risiko Terjadinya Demensia

Bersosialisasi memiliki manfaat positif yang baik bagi kesehatan, yaitu bisa menyehatkan otak. Dengan memperbanyak pergaulan atau silaturahmi maka cenderung memiliki daya ingat lebih baik dan kemampuan kognitif. Sehingga dalam jangka panjang, risiko demensia akan lebih rendah.

4. Membuat Umur Lebih Panjang

Manfaat silaturahmi untuk kesehatan yang keempat adalah memperpanjang umur Anda. Para ahli menyatakan bahwa melalui pengamatan, mereka yang banyak bersosialisasi cenderung berumur lebih panjang dibandingkan mereka yang gemar mengisolasi dirinya sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel