-->

Kegunaan NaOH dalam Industri


Natrium hidroksida (NaOH) atau lebih dikenal sebagai soda kaustik, soda api, atau sodium hidroksida, adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida dilarutkan dalam air. Natrium hidroksida membentuk larutan alkalin yang kuat ketika dilarutkan ke dalam air. Natrium Hidroksida banyak digunakan di berbagai macam bidang industri, salah satunya pada proses produksi bubur kayu dan kertas. Sementara kegunaan kalsium hidroksida dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai bahan baku pembuatan sabun dan deterjen.

Natrium Oksida atau NaOH juga digunakan pada Waste Water Treatment Plant (WWTP) PLTU Tanjung Jati B untuk mengendalikan tingkat keasaman atau pH pada fasilitas pengolahan air atau water treatment agar limbah cair yang dihasilkan power plant menjadi air yang aman yang sesuai dengan ketentuan atau peraturan lingkungan hidup yang berlaku.

Semua air buangan power plant akan ditampung dalam Waste Water Storage Tank, air limbah akan dialirkan pH control dan flocculant pool dengan menggunakan Waste Water Pump. Pada pH control di injeksikan HCl ataupun NaOH kedalam air limbah. Diaduk dengan agitator agar bahan kimia yang sudah diinjeksikan bereaksi dengan sempurna. Air hasil pengolahan dari clarifier secara overflow akan ditampung dan dinetralkan di netralizing pit secara overflow pula sebelum masuk ke reusing tank.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel