-->

Tekanan Boiler PLTU


Boiler merupakan suatu alat untuk menghasilkan uap pada tekanan temperatur tinggi (superheated vapor). Perubahan dari fase cair menjadi uap dilakukan dengan memanfaatkan energi panas yang didapatkan dari pembakaran bahan bakar.

Dengan menggunakan pemodelan power plant pada kondisi operasi normal menggunakan software gate cycle dapat diketahui efficiency thermal dan daya supercritical serta memvariasikan tekanan pada boiler dan tekanan reheater untuk mendapatkan nilai optimum.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B Unit 1&2 merupakan pembangkit listrik subcritical energi. Uap bertekanan 175 bar dan temperatur 541 °C dari boiler dialirkan melalui pipa tekanan tinggi ke turbin multi tingkat. Energi panas dan kinetic yang tersimpan di dalam uap bergerak untuk memutar Turbin mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Generator dihubungkan ke poros Turbin dimana energi listrik dibangkitkan. Setiap tingkatan turbin menyumbang daya keluaran total dari generator sebesar 719 MW. Generator menghasilkan arus dengan 22800 volt dari konduktor dan sebuah sirkuit pemutus arus menuju generator transformer disini tegangan dinaikkan sebesar 500KV. Dari transformer energi listrik dialirkan ke dalam jaringan terintegrasi Jawa Madura Bali milik PLN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel