-->

Melihat PLTU Tanjung Jati B dari Dekat


Rangkaian kegiatan TJB Infinite 2019 diakhiri dengan site visit ke PLTU Tanjung Jati B, Rabu (31/7). Di hari kedua ini peserta diajak untuk melihat PLTU Tanjung Jati B secara langsung, bagaimana tata kelola gudang sparepart PLTU Tanjung Jati B, bagaimana pengelolaan lingkungan pembangkitnya hingga pemanfaatan fly ash dan bottom ash yang ada.

Limbah fly ash dan bottom ash PLTU Tanjung Jati B dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan paving block, batako dan beton pracetak. Saat ini masih tahap awal produksi masih sekitar 100 unit perhari, kedepan target kapasitas produksi diharapkan mencapai 2.000 unit per hari.
.
Selain untuk bahan bangunan, fly ash juga dapat buat untuk mengecor jalan. PLN UIK TJB sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Demak dan Universitas Diponegoro untuk uji coba membangun jalan sepanjang 3,5 kilo meter (km). Izin pemanfaatan limbah fly ash dan bottom ash sudah diajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Diharapkan perizinan tersebut dapat keluar pada Agustus 2019, sehingga produksi secara komersial dapat dimulai. Terkait model bisnis, masih dalam tahap pembahasan. Yang terpenting saat ini perusahaan fokus pada tahapan perizinan dan memulai produksi secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel