-->

Menyambut Era Baru PLTU Batubara


Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup RI, M.R. Karliansyah, membuka acara TJB Infinite 2019 di Patra Semarang Hotel & Convention pada Selasa (30/7) dengan tema “Driving Beyond Power Plant for Better Life” yang menandai dimulainya era baru pengelolaan PLTU batubara. Acara ini adalah event tahunan berskala nasional yang telah dua kali diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB) dengan mengundang seluruh entitas bisnis pembangkitan, regulator, dan mitra kerja nasional.

Dalam sambutannya, Karliansyah menyatakan bahwa Indonesia saat ini masuk ke dalam 20 negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia, dan diproyeksikan menjadi sepuluh besar di tahun 2030 dan lima besar pada tahun 2050. Pertumbuhan tersebut sangat ditopang dengan penyediaan energi listrik yang handal, efisien, namun tetap harus ramah lingkungan. “Jika pengelolaan lingkungan berjalan dengan baik maka akan terjadi banyak efisiensi sehingga menekan biaya produksi,” urai Karliansyah. Ia juga menambahkan PLTU Tanjung Jati B bisa menjadi role model bagi industri kelistrikan. “Kalau kami lihat, PLTU Tanjung Jati B bisa menjadi percontohan bagi proyek pembangkit listrik ramah lingkungan lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager PLN UIK TJB, Komang Parmita, mengatakan bahwa dalam menghadapi tuntutan era tarif keekonomian sekaligus volatile harga bahan baku khususnya energi primer, PLTU sudah seharusnya mampu memproduksi listrik dengan biaya seefisien mungkin. “Efisiensi dan keandalan PLTU mustinya sudah tuntas, tantangan era sekarang adalah pemenuhan atas regulasi lingkungan hidup yang semakin ketat dan memajukan perekonomian masyarakat sekitar,” lanjut Komang. Selain itu, sinergi dengan regulator, pemerintah daerah, mitra kerja, perguruan tinggi, masyarakat sekitar dan stakeholder lainnya sangat berperan bagi perkembangan PLTU dewasa ini.

Event yang dihadiri oleh 500-an peserta ini dikemas dalam bentuk Exhibition, Knowledge Sharing, Technology Sharing, Vendor Awarding, dan Market Place pada hari pertama dan berakhir dengan Site Visit ke PLTU Tanjung Jati B di hari kedua. “Harapannya event ini dapat memberikan sharing informasi teknologi yang bermanfaat bagi seluruh peserta agar dapat menjadi referensi bersama untuk diimplementasikan di unit masing-masing,” ujar Komang. “Karena TJB bukan hanya Tanjung Jati B, melebihi itu, TJB adalah Together Jump Better,” pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel