-->

Pelatihan Cara Membuat Kerajinan dari Kerang


Kabupaten Jepara terletak di Pantura Jawa Tengah, karena letaknya yang dipesisir pantai maka tidak heran jika sebagian masyarakat Jepara memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Salah satu hasil laut Jepara adalah kerang. Selain memiliki potensi bisnis cukup tinggi karena dagingnya banyak dinikmati penggemar seafood, limbah kulit atau cangkang kerang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan tangan dari kulit kerang yang sangat cantik.

Jepara juga memiliki pantai yang indah, seperti Pantai Bondo, Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan lainnya yang tidak pernah sepi pengunjung. Membuat dan menjual souvenir kerajinan kulit kerang merupakan peluang bisnis bagi masyarakat sekitar pantai atau obyek wisata tersebut.

20 orang pedang kaki lima Pulau Panjang hari ini mengikuti pelatihan cara membuat kerajinan dari kerang yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Selasa (26/3) di Rumah Makan Maribu, Jepara.

Dewi, salah seorang penjual kerajinan kerang yang ada di Pulau Panjang Jepara mengaku selama ini dirinya dipasok dari Situbondo. Dengan adanya pelatihan ini dia berharap bisa memproduksi sendiri sehingga keuntungan yang didapat lebih banyak.

Dalam pelatihan ini, Gupomo (43) pengrajin kulit kerang asal desa Welahan RT 2 RW 4 Jepara menjelaskan tahapan proses dalam pembuatan produk dari kulit kerang, mulai dari pembersihan kerang, proses pembakaran, pelunakan, pemotongan, penempelan hingga proses finishing.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel