-->

Tips Mengelola THR Dengan Bijak


Lebaran Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi, sebagian dari kita mungkin sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) atau masih dalam proses penantian turunnya THR. THR sifatnya adalah sebagai bonus bukan rutin tiap bulan, oleh sebab itu ada baiknya perlakukan dana ini dengan bijak agar lebih berkah. Berikut tips cara mengelola uang THR dengan bijak yang bisa anda lakukan.

1. Melunasi Hutang

Menggunakan THR untuk melunasi utang yang belum terbayar sangat direkomendasikan. Konsekuensinya memang Anda tidak bisa menikmati THR untuk belanja banyak. Tapi dengan begitu sebenarnya Anda lebih lega karena tidak memiliki utang lagi dan tidak perlu repot menyisihkan dana untuk bayar utang.

2. Membayar Zakat / Sedekah

Membayar zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Selain membayar zakat anda juga bisa gunakan uang THR untuk sedekah kepada orang-orang yang berhak misal pembantu, sopir, pegawai atau yang lain.

3. Kebutuhan Lebaran

Prioritas lainnya adalah kebutuhan lebaran seperti pakaian, makanan, minuman. Prioritaskan membeli pakaian anak-anak dan istri, jangan sampai anak-anak anda sedih karena tidak memiliki baju lebaran. Jika memiliki rejeki lebih lihat saudara atau tetangga jika ada yang tidak bisa membelikan baju anak mereka, belikan agar mereka juga ikut merasa kebahagian memakai baju baru di hari lebaran.

4. Biaya Mudik

Mudik lebaran adalah tradisi yang ada sejak dulu yang seakan wajib bagi kita. Karena pada saat hari lebaran semua anggota keluarga yang tinggal diberbagai kota akan berkumpul di kampung halaman. Meski begitu jangan paksakan jika tidak ada dananya, karena biaya mudik cukup mahal sebaiknya anda mempersiapkan jauh-jauh hari mulai dari menabung untuk biaya mudik, mencari tiket murah, atau mencari informasi mudik gratis yang biasanya diadakan oleh organisasi atau perusahaan.

5. Investasi / Tabungan

Bagi pasangan yang bekerja, bisa saja baik suami maupun istri mendapat THR dobel. Buat kesepakatan misalnya THR suami untuk keperluan lebaran dan THR istri ditabung atau diinvestasikan di reksa dana. Biasakan untuk menyisihkan dana THR misalnya 20 persen untuk ditabung/diinvestasikan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel