-->

PLN TJB Gandeng "Difa" Ciptakan Difabel Mandiri


Abid Budiono dan teman-temannya adalah orang-orang hebat, senyum dan semangat mereka terlihat sepanjang acara tasyakuran pencapaian proper emas 2019 yang diadakan di Pendapa Jepara, Kamis (13/02).

Pria 38 tahun asal Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Jepara tersebut dengan senyum ramah mempersilahkan pengunjung booth Rumah Kreatif BUMN Jepara untuk mencicipi syrup jahe, syrup kunir asam, syrup kacang hijau, syrup beras kencur hasil produksi Armina Difa dimana dia menjadi sekretaris dan koordinator yayasan tersebut.

Abid saat ini adalah Ketua Yayasan Sahabat Difa Jepara yang beranggotakan sekitar 60 orang dari berbagai macam penyandang dissabilitas seperti tuna rungu, tuna daksa, tuna netra dan lainnya. Tidak hanya bisa memproduksi syrup herbal, mereka juga memiliki kemampuan dibidang seni. Mereka tampil menghibur yang hadir dalam acara tersebut dengan sebuah lagu "Jangan Menyerah". Melalui lagu tersebut seakan mereka mengajak semua yang hadir untuk menyadari bahwa tak ada manusia yang terlahir sempurna. Seakan mereka juga mengajak teman-teman difabel Jepara lainnya untuk tidak sesali segala yang telah terjadi serta mensyukuri apa yang ada karena hidup adalah anugrah.

”Saya ingin mengangkat teman-teman sesama penyandang disabilitas untuk keluar dari sentimen. Saya ingin mereka diberdayakan sehingga bisa mandiri,” tekad Adib.

”Saya akan terus bergerak. Akan terus berjuang untuk para penyandang disabilitas. Karena saya rasa kami juga bisa melakukan apa saja. Seperti layaknya orang normal. Pekerjaan rumah saya adalah mengangkat teman-teman di Jepara yang sampai saat ini masih disembunyikan keluarganya karena dianggap sebagai aib,” tegas Adib.

PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B terus berkomitmen dengan program pemberdayaan masyarakat salah satunya dengan menggandeng Yayasan Sahabat Difa Jepara. Melalui Rumah Kreatif BUMN Jepara teman-teman difabel diberikan pelatihan, pendampingan pengurusan perijinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), serta pemasaran produk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel