-->

Fungsi Turbin pada PLTU


Fungsi Turbin adalah untuk mengubah energi potensial menjadi energi kinetik. Uap hasil pembakaran dari boiler melewati fase tekanan tinggi , sedang dan rendah dalam turbin. Untuk uap tekanan tinggi, akan masuk ke high pressure turbine selanjutnya keluaran dari uap tersebut akan masuk ke sistem reheating (pemanasan ulang) untuk menaikkan temperatur sebelum mas uk ke intermediate pressure turbine lalu hasilnya masuk ke low pressure turbine. Uap hasil keluaran low pressure turbine langsung masuk ke kondesor. Putaran turbin adalah 3.000 rpm.

Prinsip kerja turbin PLTU adalah sebagai penggerak awal yang berguna untuk mengubah energi potensial yang ada menjadi energi kinetik. Energi kinetik ini selanjutnya diubah untuk menjadi sebuah energi mekanik yang terbentuk dalam putaran poros turbin. .

Pada dasarnya turbin terdiri dari dua bagian utama, yaitu stator dan rotor yang merupakan komponen utama pada turbin kemudian di tambah komponen lainnya yang meliputi pendukungnya seperti bantalan, kopling dan sistem bantu lainnya agar kerja turbin dapat lebih baik. Sebuah turbin uap memanfaatkan energi kinetik dari fluida kerjanya yang bertambah akibat penambahan energi termal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel