Pengumuman Rekrutmen Umum PT PLN (Persero) Tingkat Strata 2 (S2), Strata 1 (S1), Diploma IV (D.IV), dan Diploma III (D.III) Tahun 2016 Melalui Career Days UGM ke-20
August 03, 2016
Edit
Pengumuman Rekrutmen Umum PT PLN (Persero) Tingkat Strata 2 (S2), Strata 1 (S1), Diploma IV (D.IV), dan Diploma III (D.III) Tahun 2016 Career Days UGM ke-20
PT PLN (Persero) dan anak perusahaannya merupakan perusahaan penyedia jasa kelistrikan terbesar
di Indonesia. Dengan visi untuk “Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang,
Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani”, PT PLN (Persero) berkomitmen untuk
melistriki seluruh Nusantara. Kami percaya bahwa Potensi insani merupakan aset terbesar dan masa
depan kami, karenanya kami berinvestasi besar untuk mendapatkan calon-calon pemimpin masa
depan yang akan mengembangkan PT PLN (Persero) menjadi Perusahaan Kelas Dunia dan menghadapi
tantangan bisnis di masa yang akan datang. Kesempatan berkarier di PT PLN (Persero) sangatlah luas
karena rentang bisnis kami dari hulu sampai hilir, mulai dari Pembangkitan, Transmisi hingga Distribusi
Listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya. Bergabunglah bersama kami!
di Indonesia. Dengan visi untuk “Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang,
Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani”, PT PLN (Persero) berkomitmen untuk
melistriki seluruh Nusantara. Kami percaya bahwa Potensi insani merupakan aset terbesar dan masa
depan kami, karenanya kami berinvestasi besar untuk mendapatkan calon-calon pemimpin masa
depan yang akan mengembangkan PT PLN (Persero) menjadi Perusahaan Kelas Dunia dan menghadapi
tantangan bisnis di masa yang akan datang. Kesempatan berkarier di PT PLN (Persero) sangatlah luas
karena rentang bisnis kami dari hulu sampai hilir, mulai dari Pembangkitan, Transmisi hingga Distribusi
Listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya. Bergabunglah bersama kami!
1. Program Studi/Konsentrasi yang dibuka:
a) S2 :
1) Teknik Elektro Arus Kuat (Kode: S2/ELE)
2) Teknik Mesin (Kode: S2/MES)
3) Hukum (Kode: S2/HKM)
4) Magister Profesi Psikologi (Kode: S2/PSI)
5) Manajemen/Industri (Kode: S2/MAN)
6) Sosiologi (Kode: S2/SOS)
7) Keuangan/Akuntansi (Kode: S2/AKT)
b) S1/D.IV :
1) Teknik Elektro: Arus Kuat, Sistem Tenaga Listrik (Kode: S1/ELE)
2) Elektronika: Kendali (Bukan Telekomunikasi) (Kode: S1/ALE)
3) Teknik Industri (Kode: S1/IND)
c) D.III :
1) Teknik Elektro: Arus Kuat, Sistem Tenaga Listrik (Kode: D.III/ELE)
2) Elektronika: Kendali (Bukan Telekomunikasi) (Kode: D.III/ALE)
3) Manajemen Pemasaran, Administrasi Niaga, Administrasi Bisnis, Administrasi
Perkantoran (Kode: D.III/MAN)
4) Informatika (Kode: D.III/INF)
2. Persyaratan :
1) Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Diklat Prajabatan;
2) Diutamakan Pria;
3) Lulus S1/D.IV atau D.III dengan batas usia:
a) S2 : Kelahiran 1988 dan sesudahnya
b) S1/D.IV : Kelahiran 1990 dan sesudahnya
c) D.III : Kelahiran 1992 dan sesudahnya
4) Indeks Prestasi Komulatif (IPK):
Kode Jurusan
Indeks Prestasi Komulatif (IPK)
(Dalam Skala 4)
S2/ELE, S2/MES, S2/HKM, S2/PSI, S2/MAN,
S2/SOS, S2/AKT, S1/IND, D.III/MAN, D.III/INF
IPK ≥ 3.00
S1/ELE, S1/ALE, D.III/ELE, D.III/ALE, IPK ≥ 2.75
Bagi Lulusan Luar Negeri, harus melakukan konversi nilai IPK masing-masing dengan nilai
IPK skala 4 (Nilai 4 adalah nilai tertinggi).
1) Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Diklat Prajabatan;
2) Diutamakan Pria;
3) Lulus S1/D.IV atau D.III dengan batas usia:
a) S2 : Kelahiran 1988 dan sesudahnya
b) S1/D.IV : Kelahiran 1990 dan sesudahnya
c) D.III : Kelahiran 1992 dan sesudahnya
4) Indeks Prestasi Komulatif (IPK):
Kode Jurusan
Indeks Prestasi Komulatif (IPK)
(Dalam Skala 4)
S2/ELE, S2/MES, S2/HKM, S2/PSI, S2/MAN,
S2/SOS, S2/AKT, S1/IND, D.III/MAN, D.III/INF
IPK ≥ 3.00
S1/ELE, S1/ALE, D.III/ELE, D.III/ALE, IPK ≥ 2.75
Bagi Lulusan Luar Negeri, harus melakukan konversi nilai IPK masing-masing dengan nilai
IPK skala 4 (Nilai 4 adalah nilai tertinggi).
3. Tata Cara Pendaftaran :
1. Cara Pendaftaran 1 :
Melakukan pendaftaran di stand PLN pada Career Days UGM ke 20 pada tanggal 27 – 28
Agustus 2016 dengan membawa Empat berkas berikut :
a. Fotocopy akta kelahiran yang dilegalisasi;
b. Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
c. Fotocopy Transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
d. Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup
Empat berkas tersebut dimasukkan ke dalam map warna kuning dengan menuliskan
nama, kode bidang yang dilamar, nomor KTP, nomor kontak (ponsel), dan alamat email
pada cover map. Contoh: BAGUS WIJAYA , S1/ELE , 337411xxxxx , 081703903xxx ,
bagus@email.com
Setelah berkas diverifikasi oleh panitia rekrutmen, peserta akan mendapatkan kode unik
yang digunakan untuk login ke website rekrutmen pln (alamat website diberitahukan saat
jobfair berlangsung). Peserta wajib mengisi biodata dalam website tersebut.
2. Cara Pendaftaran 2 :
a) Melakukan Registrasi online terlebih dahulu melalui www.pln.co.id/blog/careers-2/
atau www.ecc.ft.ugm.ac.id/pln/jobfair. Periode pendaftaran online dari tanggal 20 Juli
2016 sampai tanggal 17 Agustus 2016.
b) Upload Pas foto berwarna
c) Mengisi biodata online secara lengkap
d) Menyiapkan scan berkas lamaran untuk diupload (ukuran max. 500 Kb) yaitu:
a. akta kelahiran asli atau fotocopy yang dilegalisasi;
b. Ijazah/ Surat Keterangan Lulus asli atau fotocopy yang dilegalisasi;
c. Transkrip nilai terakhir asli atau fotocopy yang dilegalisasi;
d. Curriculum vitae / Daftar Riwayat Hidup
Peserta wajib mencetak bukti pendaftaran yang akan dikirim via email ke masing-masing
peserta. Peserta datang ke Career Days UGM ke 20 pada tanggal 27 – 28 Agustus 2016
dengan membawa berkas berikut untuk diserahkan kepada panitia :
1. Fotocopy akta kelahiran yang dilegalisasi;
2. Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
3. Fotocopy Transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
4. Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup
5. Bukti Pendaftaran Online
Selama proses seleksi, apabila terdapat ketidaksesuaian data, peserta dinyatakan GUGUR.
4. Pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) Bidang/ Jurusan sesuai tingkat pendidikan
dan program studi/ bidang. Pelamar tidak dapat melamar ke jenjang yang tidak sesuai dengan
ijazah yang dimiliki.
5. Pelamar tidak sedang mengikuti tahapan seleksi rekrutmen PT PLN (Persero) pada event
rekrutmen PT PLN (Persero) lainnya.
6. Bagi peminat yang tidak memenuhi syarat usia, jurusan, dan IPK, agar tidak melakukan
pendaftaran.
7. Panggilan peserta, kelulusan tiap tahapan tes dan lokasi tes hanya akan diumumkan melalui
website PT PLN (Persero) di www.pln.co.id dan www.ecc.ft.ugm.ac.id
8. Tahapan Seleksi untuk PT PLN (Persero) meliputi:
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Intelegensi
c. Tes Akademis dan Bahasa Inggris
d. Tes Psikologi
e. Tes Kesehatan
(Kepada pelamar penyandang disabilitas, diberlakukan persyaratan khusus sesuai
kebutuhan dan ketentuan yang berlaku)
f. Wawancara
g. Diklat Prajabatan
*Urutan tahapan seleksi dapat berubah sesuai kebutuhan PT PLN (Persero).
9. Tahapan Seleksi (dari administrasi hingga wawancara) akan dilaksanakan di Yogyakarta.
10. Pelamar yang dinyatakan lulus Psikotes, WAJIB melengkapi berkas pendaftaran berikut.
Apabila tidak dapat melengkapi berkas, maka peserta dinyatakan GUGUR. Berikut adalah
berkas yang harus dikumpulkan pada saat Tes Kesehatan:
a. Surat Lamaran yang ditujukan kepada PT PLN (Persero) c.q. Kepala Divisi
Pengembangan Talenta;
b. Riwayat Hidup (CV);
c. Copy akta kelahiran;
d. Copy Ijazah/ Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
peserta. Peserta datang ke Career Days UGM ke 20 pada tanggal 27 – 28 Agustus 2016
dengan membawa berkas berikut untuk diserahkan kepada panitia :
1. Fotocopy akta kelahiran yang dilegalisasi;
2. Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
3. Fotocopy Transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
4. Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup
5. Bukti Pendaftaran Online
Selama proses seleksi, apabila terdapat ketidaksesuaian data, peserta dinyatakan GUGUR.
4. Pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) Bidang/ Jurusan sesuai tingkat pendidikan
dan program studi/ bidang. Pelamar tidak dapat melamar ke jenjang yang tidak sesuai dengan
ijazah yang dimiliki.
5. Pelamar tidak sedang mengikuti tahapan seleksi rekrutmen PT PLN (Persero) pada event
rekrutmen PT PLN (Persero) lainnya.
6. Bagi peminat yang tidak memenuhi syarat usia, jurusan, dan IPK, agar tidak melakukan
pendaftaran.
7. Panggilan peserta, kelulusan tiap tahapan tes dan lokasi tes hanya akan diumumkan melalui
website PT PLN (Persero) di www.pln.co.id dan www.ecc.ft.ugm.ac.id
8. Tahapan Seleksi untuk PT PLN (Persero) meliputi:
a. Seleksi Administrasi
b. Tes Intelegensi
c. Tes Akademis dan Bahasa Inggris
d. Tes Psikologi
e. Tes Kesehatan
(Kepada pelamar penyandang disabilitas, diberlakukan persyaratan khusus sesuai
kebutuhan dan ketentuan yang berlaku)
f. Wawancara
g. Diklat Prajabatan
*Urutan tahapan seleksi dapat berubah sesuai kebutuhan PT PLN (Persero).
9. Tahapan Seleksi (dari administrasi hingga wawancara) akan dilaksanakan di Yogyakarta.
10. Pelamar yang dinyatakan lulus Psikotes, WAJIB melengkapi berkas pendaftaran berikut.
Apabila tidak dapat melengkapi berkas, maka peserta dinyatakan GUGUR. Berikut adalah
berkas yang harus dikumpulkan pada saat Tes Kesehatan:
a. Surat Lamaran yang ditujukan kepada PT PLN (Persero) c.q. Kepala Divisi
Pengembangan Talenta;
b. Riwayat Hidup (CV);
c. Copy akta kelahiran;
d. Copy Ijazah/ Surat Keterangan Lulus yang dilegalisasi;
e. Copy transkrip nilai terakhir yang dilegalisasi;
f. Copy KTP;
g. Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan;
h. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar (nama peserta ditulis di
belakang foto);
i. Bagi Pelamar lulusan Luar Negeri, wajib melampirkan Surat Keterangan dari Dikti
mengenai kesetaraan jenjang pendidikan dan IPK;
j. Bagi Pelamar dari lulusan program Lintas Jalur (D.III yang meneruskan ke S1/D.IV),
wajib melampirkan:
i. Transkrip nilai D.III yang dilegalisasi
ii. Ijazah D.III yang dilegalisasi
k. Berkas dimasukkan ke dalam map (warna hijau untuk S2, warna biru untuk S1/D.IV
dan warna merah untuk D.III) sesuai urutan di atas dengan menuliskan nama dan
kode yang dilamar pada cover map.
LAIN-LAIN:
1. Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini dan keputusan Tim Penerimaan
Pegawai tidak dapat diganggu gugat.
2. Tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero).
3. Tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan
dengan pelaksanaan seleksi. PT PLN (Persero) tidak bertanggungjawab atas setiap bentuk kerugian
yang ditimbulkan akibat penipuan yang mengatasnamakan PT PLN (Persero).
f. Copy KTP;
g. Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan;
h. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar (nama peserta ditulis di
belakang foto);
i. Bagi Pelamar lulusan Luar Negeri, wajib melampirkan Surat Keterangan dari Dikti
mengenai kesetaraan jenjang pendidikan dan IPK;
j. Bagi Pelamar dari lulusan program Lintas Jalur (D.III yang meneruskan ke S1/D.IV),
wajib melampirkan:
i. Transkrip nilai D.III yang dilegalisasi
ii. Ijazah D.III yang dilegalisasi
k. Berkas dimasukkan ke dalam map (warna hijau untuk S2, warna biru untuk S1/D.IV
dan warna merah untuk D.III) sesuai urutan di atas dengan menuliskan nama dan
kode yang dilamar pada cover map.
LAIN-LAIN:
1. Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini dan keputusan Tim Penerimaan
Pegawai tidak dapat diganggu gugat.
2. Tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero).
3. Tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan
dengan pelaksanaan seleksi. PT PLN (Persero) tidak bertanggungjawab atas setiap bentuk kerugian
yang ditimbulkan akibat penipuan yang mengatasnamakan PT PLN (Persero).