-->

Instalasi Listrik yang Benar


Listrik merupakan kebutuhan pokok setiap rumah tangga dan merupakan hak semua warga negara untuk mendapatkan layanan listrik yang baik dari penyedia tenaga listrik dalam hal ini Pemerintah diwakili PLN.

Pada saat pemasangan listrik baru petugas akan memasang instalasi listrik sebanyak 3 titik. selanjutnya instalasi listrik rumah menjadi tanggung jawab pelanggan. Pekerjaan instalasi tidak bisa dilakukan sembarangan,instalasi listrik yang tidak baik bisa membahayakan, bisa menyebabkan korsleting dan kebakaran atau tersengat listrik, terlebih jika atap rumah anda menggunakan baja ringan atau bahan yang lain yang bisa menjadi pennghantar listrik lainnya.

Berikut penjelasan instalasi listrik yang benar supaya aman

  • Material untuk instalasi listrik rumah juga wajib memenuhi syarat material instalasi listrik yang ber label SNI dengan kode khusus LMK untuk beberapa material utama, material tersebut antara lain Kabel, KKB (stop Kontak) Saklar lampu,MCB dan material pendukung lainnya.
  • Hati-hati saat melepaskan plastik yang melingkupi selubung logam kabel agar tidak merusak inti logamnya. Prosedur pemasangannya cukup mudah, namun memerlukan sedikit keterampilan untuk menghasilkan instalasi listrik yang rapi.
  • Lindungi kabel listrik dengan pipa konduit untuk menjaga jalur instalasi listrik agar tetap rapi. Meskipun telah terlindungi lapisan pembungkus atau isolator, konsleting listrik bisa terjadi akibat dari rusaknya pembungkus kabel. Pipa konduit dapat melindungi seluruh bagian kabel listrik dengan baik, terutama dari hewan pengerat. Perhatikan juga berapa jumlah kabel yang cukup untuk satu pipa konduit, hal ini bergantung dengan ukuran dan material pipa konduit yang dipakai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel