-->

Pelatihan Manajemen Keuangan bagi UMKM


Setiap bisnis, besar atau kecil selalu memperhatikan satu hal krusial yaitu manajemen keuangan. Manajemen keuangan yang baik sangat penting untuk mempertahankan bisnis dari kondisi ekonomi yang tidak stabil dan persaingan bisnis. Melalui Rumah Kreatif BUMN Jepara, PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B mengadakan pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM.

Kegiatan yang diadakan di Rumah Kreatif BUMN Jepara Jl R.A Kartini No 23 Kauman Jepara, Senin (30/9) tersebut diikuti oleh beberapa UMKM Jepara yang sudah bergabung dengan narasumber dari Dinas Koperasi Jepara.

UMKM perlu berhati-hati dengan keputusan keuangan mereka dari sejak awal berdiri. Setiap bisnis membutuhkan struktur keuangan yang menghasilkan laba agar tetap bisa persisten dan kredibel, sehingga yang dibutuhkan pengusaha adalah mengelola keuangan dengan benar melalui proses perencanaan, analisis dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan. Kegiatan keuangan tidak saja berlangsung pada bagian atau fungsi keuangan melainkan SDM, operasional, produksi pemasaran dan lain-lain.

Manajemen keuangan adalah kunci penting keberhasilan sebuah usaha yang masih kecil seperti UMKM ; pengaturan keuangan yang baik akan memudahkan jalannya usaha dan menghindarkan bisnis dari resiko Gulung Tikar. Manajemen sederhana yang harus dijalankan UMKM : Membuat Anggaran Kas, Harus Tau Perubahan Arus Kas, Catatan Piutang  jika memiliki piutang yang belum dibayar maka hal tersebut harus diperhatikan jangan sampai mengganggu arus kas, cek terus beban hutang, kurangi biaya operasional sebisa mungkin, manfaatkan kredit sebaik-baiknya, gunakan kelebihan kas untuk pengembangan.

Peserta diberikan pelatihan dasar penyusunan laporan keuangan agar pengusaha mikro bisa menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan lembaga yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Tentunya Laporan Keuangan menjadi faktor penting untuk melihat kemajuan usahanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel