-->

Peralatan Utama PLTU Tanjung Jati B


PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap memiliki 5 peralatan utama dalam pengoperasiannya. Masing-masing peralatan memiliki fungsi berbeda dan sangat penting sehingga perlu dijaga performanya demi keandalan pembangkit tersebut. Berikut 5 peralatan utama PLTU yang ada di Tanjung Jati B.

1. Boiler

Boiler adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang ada didalam pipa sehingga menghasilkan steam yang digunakan untuk memutar poros turbin.

2. Turbin

Fungsi Turbin adalah untuk mengubah energi potensial menjadi energi kinetik. Uap hasil pembakaran dari boiler melewati fase tekanan tinggi , sedang dan rendah dalam turbin. Untuk uap tekanan tinggi, akan masuk ke high pressure turbine selanjutnya keluaran dari uap tersebut akan masuk ke sistem reheating (pemanasan ulang) untuk menaikkan temperatur sebelum mas uk ke intermediate pressure turbine lalu hasilnya masuk ke low pressure turbine. Uap hasil keluaran low pressure turbine langsung masuk ke kondesor. Putaran turbin adalah 3.000 rpm.

3. Generator

Fungsi Generator pada PLTU adalah sebagai alat yang berfungsi mengubah energi gerak atau mekanik menjadi energi listrik.

4. Transformer

Ada dua jenis transformer utama, yakni step up dan step down. Tranformer step up berfungsi menaikkan tegangan generator dari 22,8 kV menjadi 500 kV sebelum dialirkan ke sistem interkoneksi Jamali. Transformer step down berfungsi menurunkan tegangan generator dari 22,8 kV menjadi 10 kV sebelum digunakan untuk Sistem Pemakaian Sendiri Pembangkit.

5. Kondensor

Fungsi Kondensor untuk mengembunkan uap air yang telah digunakan untuk memutar turbin menjadi air kondensat. Proses pengembunan uap air menggunakan mekanisme pendinginan dengan bantuan air laut. Air kondensat selanjutnya dipompa kembali ke boiler untuk dipanaskan dan diubah menjadi uap air yang digunakan untuk memutar turbin lagi (close cycle). Sedangkan air laut yang telah digunakan, dialirkan kembali ke laut (open cycle).



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel