-->

Tug Boat PLTU Tanjung Jati B


Tug boat adalah kapal yang digunakan untuk menarik kapal-kapal besar yang akan bersadar. Meski ukuran tug boat atau kapal tunda kecil sekitar 8 x 28 meter namun memiliki tenaga yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya. Mesin Induk kapal tunda biasanya berkekuatan antara 750 sampai 3000 tenaga kuda (500 s.d. 2000 kW).

Biasanya kapal tugboat lebih mengetahui jalur dan kedalaman perairan pelabuhan sehingga kapal tidak karam karena laut yang terlalu dangkal. Kapal yang ditarik oleh tugboat dalam kondisi mati. Fungsi lain dari tugboat yaitu sebagai pembuka komunikasi /percakapan dengan kapal-kapal lain.

PLTU Tanjung Jati B menggunakan tug boat sebagai penarik kapal pengangkut batubara bertipe PANAMAX yang akan merapat ke dermaga pembongkaran batubara di PLTU Tanjung Jati B. Sebelum kapal melakukan tugasnya, terlebih dahulu pihak kapal yang akan merapatkan kapalnya ke dermaga menghubungi PLN Tanjung Jati B untuk ijin masuk. Setelah itu tugas tugboat inilah yang membantu merapatkan kapal-kalap pengangkut batubara ke dermaga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel