-->

6 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan


Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh). Dasar hukum puasa ramadhan adalah QS. Al Baqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Selain tujuan utama untuk beribadah dan melaksanakan kewajiban puasa ramadhan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Jika anda mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga diri terhidrasi dengan baik selama ramadhan, anda bisa lebih sehat dari sebelumnya.

Berikut 6 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

1. Mengurangi hipertensi

Saat berpuasa, tingkat metabolisme tubuh berkurang, dan begitu juga kadar lemak darah. Pada gilirannya ini membantu mengurangi kondisi seperti tekanan darah tinggi dan penyakit terkait.

2. Mengurangi kolesterol

Selama Ramadan, orang-orang cenderung makan di rumah hanya dua kali sehari, dan mereka menghindari makanan cepat saji dan makanan kurang sehat lainnya. Ini dapat membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol darah.

3. Meningkatkan kekebalan

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda sampai batas tertentu, karena sistem tubuh Anda didetoksifikasi dan sistem pencernaan dapat menghasilkan cairan yang lebih sehat.

4. Detoksifikasi tubuh

Puasa adalah cara yang baik untuk mendetoksifikasi tubuh Anda. Karena tubuh Anda mendapatkan istirahat dari asupan makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji.

5. Meningkatkan kontrol diri

Puasa selama Ramadan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kendali diri Anda, terutama ketika menyangkut makanan. Jika Anda bisa mengontrol diri selama sebulan itu, maka akan mudah untuk terus melanjutkannya dan menjadikannya sebuah kebiasaan.

6. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda menghindari banyak makanan manis dan makanan berminyak selama Ramadan, Anda dapat menurunkan berat badan dengan cukup mudah, karena Anda hanya makan dua kali sehari. Jika kedua makanan tersebut seimbang dan sehat, Berat badan anda akan turun beberapa kilogram selama puasa. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel