-->

Fungsi Gardu Induk


Fungsi dari gardu induk yaitu untuk proteksi, mengontrol aliran daya, pembagian beban ke saluran, menjaga kesinkronan, pengukuran/metering, dan transmisi data.

Gardu induk ini berdasarkan isolasinya termasuk ke dalam Gas Insulated Substation (GIS) , dengan kata lain gardu induk ini diisolasi dengan gas SF6 yang diberi tekanan. Kenapa SF6? Karena gas ini memiliki sifat isolasi yang baik dan merupakan pemadam busur api yang baik.

GIS memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah safety dan ukuran gardu induk yang lebih kecil dibanding konvensional.

Gardu induk ini memiliki berbagai bagian, mulai dari arrester, circuit breaker, earthing switch, current transformer, voltage transformer, dan lainnya. Yang menarik di sini, circuit breaker atau pemutus tenaga yang berada di gardu induk Tanjung Jati B pada keadaan normal dioperasikan oleh P3B dari gandul, Jakarta. Jadi jika circuit breaker di gardu induk tanjung jati ingin dibuka/ditutup, pada keadaan normal perintah diberikan lewat perangkat SCADA dari Jakarta.

Selain GI 500 KV di PLTU Tanjung Jati B juga terdapat GI 150 KV

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel