-->

Makna dan Hakikat Halal Bihalal


Halal Bihalal adalah sebuah tradisi khas masyarakat muslim Indonesia, satu kebiasaan yang hanya ada di negeri kita sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan, saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan

Waktu pelaksanaan halal bihalal biasanya minggu pertama setelah Idul Fitri atau hari pertama masuk kerja. Diadakan di sebuah tempat seperti, auditorium, aula, atau lainnya.

Ungkapan halal bihalal berasal dari kalimat berbahasa Arab, halalun bi halalin. Artinya, ‘saling menghalalkan.’ Maknanya, seseorang yang melakukan halalbihalal ingin menyampaikan kepada orang lain kira-kira sebagai berikut. “Kesalahan Anda atas saya sudah saya halalkan sehingga tidak ada lagi salah Anda kepada saya. Karena itu, harapan saya demikian adanya agar kesalahan saya mohon dimaafkan.”

Kendati tidak ada dalil halal bihalal atau kisah yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad S.A.W melaksanakan halal bihalal pada hari raya Idul Fitri, Dalam banyak riwayat, Beliau menganjurkan umatnya untuk menyambung tali silaturrahim, sebagaimana hadis berikut,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang ingin diluaskan rizkinya atau meninggalkan nama sebagai orang baik setelah kematiannya hendaklah dia menyambung silaturrahim.” (HR. Al-Bukhari)

Nabi saw juga menganjurkan umatnya untuk meminta maaf atau minta dihalalkan jika melakukan kesalahan kepada orang lain. Nabi saw bersabda,

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ

“Siapa yang pernah berbuat aniaya (zhalim) terhadap kehormatan saudaranya atau sesuatu apapun hendaklah dia meminta kehalalannya (maaf) pada hari ini (di dunia).” (HR. Al-Bukhari)

Halal bihalal hakekatnya adalah menyinergikan hubungan baik dengan Allah dan sesama, manfaat halal bihalal diantaranya mempererat tali silaturahmi, sebagai ajang saling memaafkan dan memotivasi agar saling berbuat baik kepada siapapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel