-->

Lestarikan Tradisi di Jepara PLN UIK TJB Adakan Lomba Tongtek


Tongtek adalah sebuah kegiatan tradisi membangunkan orang untuk melaksanakan sahur dengan memukul-mukul kentongan dari bambu,yang populer setiap ramadhan. Tradisi ini sudah ada sejak jaman dulu ratusan tahun yang lalu. Kegiatan tongtek ini memang ada hanya pada bulan ramadhan yang merupakan salah satu warisan dari Walisongo. Tongtek ini biasanya paling sedikit dilakukan 2 orang hingga puluhan orang dengan semua alat yang digunakan.

Sebagai bentuk kepedulian kepada tradisi atau kearifan lokal ini, PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B setiap tahunnya mengadakan kegiatan Festival Ramadan dan salah satu nya adalah lomba tongtek yang diikuti oleh remaja masjid atau grup tongtek yang ada desa di ring 1 PLTU Tanjung Jati B.


Dalam kegiatan Festival Ramadan yang kelima kalinya ini, pemenang lomba tongtek diraih oleh grup tongtek Masjid Baitul Rahman desa Guyangan, sebagai juara II diraih oleh grup tongtek Masjid Darus Sawab desa Tubanan, disusul juara II dari grup tongtek Masjid Baitur Rahman desan Jinggotan dan sebagai juara favorit jatuh pada grup tongtek Masjid Al Mutakin desa Bondo.

Harapannya kegiatan ini tidak hanya melestarikan tradisi yang ada tapi mampu melahirkan bibit-bibit remaja masjid atau group tongtek yang kelak bisa menjadi pemenang lomba tongtek di tingkat kabupaten Jepara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel