-->

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan


Darah merupakan salah komponen terpenting dalam tubuh manusia, darah berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit.

Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis.

Keputusan anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Donor darah tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah tapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya. Berikut manfaat donor darah bagi kesehatan.

Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu,donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Menurunkan risiko kanker.

Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda saat melakukan donor darah juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Sebaliknya, kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.

Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat donor darah lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.

Donor Darah Berapa Bulan Sekali?

Berdasarkan Permenkes 91/2015, interval donor darah kini bisa dilakukan dua bulan sekali. Sementara ini PLTU Tanjung Jati B secara rutin mengadakan kegiatan donor darah tiga bulan sekali. Dan untuk kali ini kegaiatan dilaksanakan di gedung TJBPS bertepatan dengan hari jadi PT TJBPS yang ke 13. Panitia kegiatan donor darah, dr. Arif Rahmawan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk ikut mensukseskan program pemerintah dan sekaligus bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah khususnya di lingkup kabupaten Jepara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel