-->

Strategi Pemasaran Yang Mudah, Murah dan Efisien


  Sebuah perusahaan akan berusaha agar perusahaan mereka dikenal masyarakat dan produknya dibeli serta digunakan masyarakat tidak terkecuali PLN. Salah satunya adalah dengan memasang iklan atau promosi di media cetak maupun elektronik. Biaya yang dikeluarkan pun tidak tanggung tanggung, saya ambil contoh mataharimall.com berbagai upaya dilakukan untuk mengenalkan mataharimall ke masyarakat dan perseroan tersebut menggelontorkan biaya promosi sekitar Rp. 50 miliar dana tersebut termasuk bagian dari komitmen investasi Lippo Group sebesar US$ 500 juta.

  Lalu bagaimana dengan PLN, khususnya PLN Tanjung Jati B dalam melakukan strategi pemasaran atau memperkenalkan PLN Tanjung Jati B kepada masyarakat dan dunia ? Sangat murah bahkan gratis. Seorang lulusan SMP kelahiran Brebes yang bekerja di PLN Tanjung Jati B dengan keahlianya di bidang SEO (Search Optimation Enginner) membuat beberapa blog, fanspage, akun youtube dan lain lain dan berhasil di halaman pertama mesin pencarian google dengan kata kunci seputar PLN Tanjung Jati B. Seseorang tersebut adalah saya, meskipun saya bukan apa apa dan bukan siapa siapa tapi saya peduli dengan PLN Tanjung Jati B.

  Dengan menguasai SEO serta membuat beberapa blog dan akun maka saya sudah melakukan strategi pemasaran yang mudah, murah dan efisien. Coba kita bandingkan jika kita memperkenalkan, menginformasikan atau memasarkan perusahaan dengan cara membuat majalah misalnya, berapa biaya cetak per eksemplarnya, berapa ongkos kirim, apakah unit yang menerima pasti membacanya.

  Dengan media blog atau internet sebuah informasi atau promosi akan terus ada, dan dibaca lebih banyak orang. biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah, mengurangi pemakain kertas yang berarti ikut mendukung program go green.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel