-->

Best Practice Perlindungan Keanekaragaman Hayati Ekosistem Perairan Pulau Panjang, Jepara


Indonesia merupakan surga terumbu karang yang paling kaya seantero dunia, sayangnya hampir sepertiga terumbu karang di indonesia dalam kondisi memprihatinkan, butuh kesadaran publik yang besar agar kehidupan di laut dapat dilestarikan. "Melalui program CRS kami melakukan kegiatan konservasi Pulau Panjang Jepara, disana kami menanam seribu cemara laut, pengelolaan terumbu karang buatan Artifical Patch Reff (APR), restocking rajungan, dan mengadakan pelatihan kepada masyarakat sekitar," ujar Komang Parmita saat menjadi narasumber dalam Konferensi Nasional Terumbu Karang yang diadakan oleh Universitas Diponegoro bertempat di Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang, Kamis (4/7).

"Dengan adanya kegiatan tersebut, bukan hanya menjadikan terumbu karang di Pulau Panjang Jepara terjaga tapi juga dampak yang positif terhadap sektor ekonomi masyarakat sekitar. Dampak ekonomi yang terjadi yakni terbentuknya peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar yakni usaha persewaan alat snorkeling. Usaha tersebut menjual keindahan bawah laut termasuk APR." imbuh Komang

Sementara itu, selaku Ketua Panitia Penyelenggara, Dr.Ir.Munasik,M.Sc. menyampaikan bahwa, “Konferensi Nasional Terumbu Karang ini adalah yang pertama dan berharap akan berlangsung secara periodik”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa, “Sudah banyak sekali hasil penelitian tentang terumbu karang, lamun dan mangrove yang dimiliki, tetapi diseminasi masih terbatas, sehingga perlu media diseminasi untuk kemanfaatan dari hasil penelitian yang sudah ada, Sebagaimana yang tadi disampaikan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Budi Setiyono,S.Sos.,M.Pol.Admin.,Ph. D dalam sambutanya, haparannya Undip bisa menjadi center of excellent (Pusat Layanan Unggulan) untuk mengkaji isu-isu penting yang berkaitan dengan ekosistem terumbu karang, sehingga hasil kajian dapat dijadikan rujukan untuk tingkat nasional dan internasional, dalam hal ini konsep ABCG (Akademisi, Bisnisman, Community, Government) harus ada sehingga kami mengundang semua unsur tersebut dalam kegiatan ini,"pungkasnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel