-->

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Berkendara


Jumat sore adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu, saatnya pulang kampung bertemu dengan keluarga. Rasanya ingin cepat sampai dan menikmati libur bareng anak dan istri tercinta, Bagi anda yang hari ini pulang dan menggunakan kendaraaan sendiri sebaiknya anda melakukan tips jitu menghilangkan kantuk saat berkendara berikut ini.

1. Minum Kopi

Jika mata dan tubuh Anda sudah benar-benar lelah, Anda butuh kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Sebaiknya anda menepi dan minum kopi, karena salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Namun, kopi membutuhkan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa. Selain itu, secangkir kopi saja mungkin tidak cukup bagi orang yang sehari-harinya sudah sering mengonsumsi kopi.

2. Menepi dan melakukan peregangan

Biasanya rasa kantuk tak tertahankan muncul saat Anda mengendarai motor di jalanan yang cukup lengang dalam cuaca yang bersahabat. Sebaiknya, segera menepi sesaat dan turunlah dari motor. Lakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Bergerak secara aktif bisa membantu pikiran tetap terjaga.

3. Menepi dan tidur sejenak

Cara terbaik untuk melawan kantuk adalah dengan tidur sejenak. Menepi dan tidurlah selama kira-kira 15 menit. Pilih lokasi yang aman dan nyaman seperti Masjid atau SPBU. Ingat, lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak daripada memaksakan diri untuk tetap menyetir dengan risiko yang besar.

4. Beristirahat setiap dua jam

Serangan kantuk saat menyetir atau mengendarai motor dalam perjalanan panjang adalah hal yang sangat wajar. Apalagi hari ini banyak pekerjaan yang melelahkan. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda beristirahat setiap dua jam untuk melakukan peregangan otot atau tidur sejenak. Kalau dipaksa menyetir terus tanpa jeda, tubuh dan mata Anda justru jadi cepat lelah dan terasa berat. Maka, meskipun Anda tidak sedang mengantuk atau letih, usahakan untuk tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali.

5. Minta ditemani saat mengemudi

Kalau Anda kurang tidur, kurang istirahat, atau sedang kelelahan berat, hindari mengemudi seorang diri. Apalagi jika jaraknya cukup jauh. Ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani Anda sepanjang jalan. Dengan begitu, Anda bisa mengobrol bersamanya jika Anda mulai mengantuk. Dia juga bisa menjadi ‘polisi’ kalau Anda sudah mulai kehilangan kewaspadaan, terkantuk-kantuk, atau hampir tertidur. Akan lebih baik lagi jika orang yang menemani Anda bersedia untuk bergantian mengemudi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel